3 mins read

Seputar Memutihkan Gigi (Tooth Bleaching | Tooth Whitening)

Memutihkan gigi yang sehat, rapi dan putih cemerlang merupakan dambaan semua orang. jika pekerjaan anda mengharuskan anda untuk berinteraksi dengan banyak orang, penampilan yang baik serta gigi yang putih cemerlang tentunya menjadi sangat penting.

Mengapa gigi yang putih itu penting?

  1. Gigi yang putih membuat penampilan anda lebih menarik

Senyum kita adalah bagian dari penampilan kita. Tentunya kita tidak mau bertemu dengan klien, kolega, teman, atau keluarga kita dengan gigi yang terlihat kotor, kekuningan atau kehitaman. Bahkan seseorang dengan wajah yang cantik/tampan akan menjadi terlihat tidak menarik jika gigi geliginya kekuningan dan berjejal.

  1. Gigi yang putih akan membuat anda merasa lebih nyaman dan percaya diri

Anda akan lebih mempunyai rasa percaya diri bila anda memiliki gigi yang sehat dan putih cemerlang. Gigi yang kekuningan sebaliknya membuat anda kurang percaya diri, tidak nyaman dan bahkan anda merasa malu untuk tersenyum lewat dan tertawa karena khawatir gigi anda akan terlihat orang lain. Kepercayaan diri tentunya merupakan salah satu faktor penting bagi anda dalam kesuksesan anda mendapatkan pekerjaan, menghadiri suatu acara yang peting,bertemu dengan orang banyak, dan kesuksesan dalam hal-hal lain.

Apa penyebab gigi menjadi berwarna kekuningan/kecoklatan atau DISKOLORASI GIGI

-merokok
-minum kopi dan teh secara rutin
-faktor genetik
-faktor penuaan
-makanan-makanan yang menyebabkan perubahan warna
-penggunaan antibiotik Tetracycline dan doxycycline pada anak-anak yang giginya masih dalam tahap tumbuh kembang

 

Diskolorasi gigi, dapat dibagi menjadi 2 jenis:

  1. Diskolorasi ekstrinsik

Merupakan diskokorasi yang muncul pada permukaan gigi karena gigi terekspos dengan makanan dan minuman yang berwarna gelap serta rokok. Diskolorasi ekstrinsik yang superfisial bisa dihilangkan dengan menyikat gigi, sedangkan diskolorasi ekstrinsik yang persisten dapat menembus dentin sehingga diperlukan prosedur pemutihan gigi.

  1. Diskolorasi intrinsik

Merupakan diskolorasi yang muncul dari struktur gigi itu sendiri, misalkan dari trauma/ benturan pada gigi yang menyebabkan gigi mati, usia, pemakaian antibiotik tetracycline saat pembentukan gigi masih berlangsung. Diskolorasi jenis ini dapat dilakukan pemutihan gigi namun hasil yang didapat kurang maksimal. Alternatif solusi untuk mengatasi diskolorasi intrinsik adalah dengan dental veneer

Bagaimana mempertahankan gigi putih anda

Untuk mempertahankan gigi anda yang baru diputihkan, dokter gigi biasanya akan merekomendasikan anda untuk:

– mengaplikasikan at-home teeth whitening setidaknya setahun sekali

– sebisa mungkin menghindari makanan dan minuman yang menyebabkan perubahan warna pada gigi

– bila makanan dan minuman tersebut tak bisa anda hindari, setidaknya berkumurlah setelah makan atau menggunakan sedotan untuk minuman seperti teh atau kopi

-menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dan memakai dental floss

 

Apakah prosedur pemutihan gigi aman dilakukan?

Bahan ini memutihkan gigi melalui proses oksidasi. Peroksida berpenetrasi melalui email gigi  kemudian mengoksidasi molekuk organik kompleks pada matriks email, mengeliminasi diskolorasi gigi, sehingga gigi menjadi terlihat lebih putih.

 

Apakah efek samping dari prosedur pemutihan gigi?

Efek samping yang biasa terjadi adalah iritasi dari jaringan lunak mulut (bibir, gusi,lidah) dan hipersensitivitas gigi. Iritasi biasanya terjadi bila bahan pemutih tidak sengaja berkontak dengan jaringan lunak untuk waktu yang cukup lama. Efek samping ini akan hilang dalam beberapa jam atau beberapa hari.